Inspiratif Pendidikan
Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT POMADE BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 2 PADANG

Muhammad Iqbal (Universitas Negeri Padang)
Damri Damri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

Penelitian ini diawali oleh proses pembelajaran keterampilan vokasional yang kurang menarik, seperti keterampilan tata boga, tata busana, perbengkelan, dan griya kayu yang diterapkan disekolah yang diajarkan dengan metode demonstrasi, sehingga siswa tunarungu bosan dalam belajar. Dalam posisi ini Peneliti memberikan alternatif dengan menggunakan inovasi baru berupa pendekatan Project Based Learning untuk menunjang proses pembelajaran keterampilan vokasional siswa dengan pembuatan pomade. Peneliti menggunakan metode eksperimen yang berbentuk pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design dengan sampel lima orang siswa tunarungu. Kemampuan yang dinilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa tunarungu dalam membuat pomade setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest dan posttest. Data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit= 2,5 dan Utab= 2 dengan n =5 pada taraf signifikan 95% dan a=0,5. Hipotesis alternatif diterima karena Uhit>Utab. Jadi terbukti bahwa pendekatan project based learning efektif dalam meningkatkan keterampialn membuat pomade bagi siswa tunarungu pada kelas VIII di SLBN 2 Padang. Saran dalam penelitian ini agar guru dan siswa tunarungu di SLBN 2 Padang dapat menggunakan project based learning dalam meningkatkan kemampuan membuat pomade bagi siswa lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Inspiratif-Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Inspiratif Pendidikan is a scholarly journal published by Department of Islamic Religion Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal only accepts research findings, thoughts that related to education and teaching development in general, and ...