Psyche: Jurnal Psikologi
Vol 3, No 2 (2021)

PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP EMPLOYABILITY PADA GURU SMK MUHAMMADIYAH DALAM KRISIS COVID 19

Rara Salsabila Syani (Universitas Ahmad Dahlan)
Fatwa Tentama (Universitas Ahmad Dahlan)
Ahmad M. Diponegoro (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial terhadap employability pada guru SMK Muhammadiyah dalam krisis COVID 19. Subjek penelitian adalah guru SMK Muhammadiyah Moyudan, Sleman, Yogyakarta (N=80). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala likert dan semantik diferensial sebagai alat pengumpulan data. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan proses analisis, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial terhadap employability dengan nilai (p<0,01). Analisis pada hipotesis minor juga diperoleh hasil yaitu pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial masing-masing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap employability dengan nilai (p<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial memiliki kontribusi dalam memengaruhi employability pada guru SMK Muhammadiyah dalam krisis COVID 19 dan kepuasan kerja menjadi faktor yang paling dominan memengaruhi employability.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TIT

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PSYCHE: Jurnal Psikologi published by Psychology Faculty Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. Psyche consist topics related to clinical psychology, industry ...