Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021

BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Khairuddin Tambusai (Dosen Tetap Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan - Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) kondisi kepercayaan diri siswa, 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, serta hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam menumbuhkan rasa rasa percaya diri siswa. Sebagai subjek penelitiannya adalah siswa dan guru BK dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpil dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) bahwa kondisi kepercayaan diri siswa tergolong cukup tinggi namun masih ada beberapa siswa yang tingkat kepercayaan dirinya rendah. Siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah ditandai dengan pendiam dan pemalu serta ragu-ragu dan tidak tidak berani mendaftarkan diri mengikuti ekstrakurikuler, 2) elaksanaan layanan bimbingan kelompok dilaksanakan minimal sebulan sekali dan secara isidental tujuannya adalah siswa dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki serta 3) Pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan guru pembimbing untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan dapat menghilangkan sifat pemalu memberikan perubahan dalam diri siswa sehingga mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Kata Kunci: Percaya diri, Bimbingan Kelompok

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...