Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020

Analisis Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Sebelum Menggunakan Modul Dengan yang Sesudah Menggunakan Modul Pokok Bahasan Integral Pada Siswa Kelas XII SMA Swasta Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008

Ronald Mahmud S (Dosen STKIP Amal Bakti JLn Yos sudarso No 60 Glugur Kota Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Abstract: Analisis perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul pokok bahasan integral pada siswa kelas II SMA Teladan Binjai tahun pembelajaran 2007/2008. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul pokok bahasan integral pada siswa kelas II SMA Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008. Untuk memperoleh data yang diperlukan pada penelitian ini digunakan test objektif yaitu  untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata data siswa sebelum menggunakan modul yaitu 7,05 dengan simpangan bakunya 1,43. Rata-rata data siswa sesudah menggunakan modul 7.983 dengan simpangan bakunya 1,25. Hasil ini menunjukkan bahwa pengajaran dengan menggunakan modul pada penguasaan materi pokok bahasan integral kelas II SMA Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008. Dengan demikian, terdapat perbedaan rata-rata dengan persentase sebelum menggunakan modul 76,6 % dan yang sesudah menggunakan modul 93,3 % dengan kenaikan 16,7 %. Jadi, rata-rata data siswa menggunakan modul lebih tinggi 16,7 % dari pada rata-rata data siswa sebelum menggunakan modul.Keywords: Hasill belajar Matematika sebelum dan sesudah mengunakan modul

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...