JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP)
Vol. 3 No. 1 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 1 April 2020

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DI MADRASAH ALIYAH 45 GIANYAR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Wahyudin Wahyudin (Unknown)
Andi Saryoko (Unknown)
Riska Riani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Lembaga pendidikan bisa dikatakan berhasil apabila telah menghasilkan siswa-siswi berprestasi pada bidangnya masing-masing, siswa–siswi yang berprestasi juga tidak luput dari peranan penting seorang guru. Oleh sebab itu guna meningkatkan semangat dalam proses belajar agar mendapatkan prestasi yang membanggakan disekolah, maka dilakukan dengan cara mengapresiasikan lewat pemilihan siswa berprestasi agar siswa lebih semangat dan tekun dalam menuntut ilmu. Pemilihan siswa-siswi berprestasi tentu didasarkan dengan suatu kemampuan dan perilaku yang dimiliki siswa supaya mendapatkan kandidat yang sesuai dengan yang diharapkan. Dalam hal ini dihadapkan pada permasalahan untuk mengambil suatu keputusan siapa yang bisa mendapat predikat berprestasi karena belum ada metode yang tepat dalam mengambil suatu keputusan. Selama ini proses masih dilakukan secara manual sehingga pengambil keputusan menjadi tidak efektif dan efisien, yang dapat meimbulkan peluang terjadinya kesalahan serta membutuhkan waktu lama dan memungkinkan terpilihnya siswa yang belum memenuhi standar. Dalam perhitungan penulis menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), metode ini cocok digunakan untuk perhitungan yang akurat dan sangat membantu dalam proses perhitungan setiap data yang diperoleh pada skripsi ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JUTIKOMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JuTIKom PRIMA(Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima) adalah jurnal yang di fokuskan Terhadap bidang ilmu Teknologi dan Ilmu Komputer. Tujuan jurnal adalah untuk mengakomodir para dosen dan mahasiswa baik dalam lingkungan kampus Universitas Prima Indonesia maupun dari kampus berbeda jurnal ini ...