Dalam kajian ini penulis mencoba mengangkat isu-isu mengenai paradigma berpikir kesisteman dalam pendidikan islam. Ketertarikan penulis untuk mengkaji tema ini yaitu faktor apa yang dapat mempengaruhi paradigma berpikir kesisteman dalam pendidikan islam. Selanjutnya, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Dan hasil dari kajian ini menunjukan bahwa Paradigma berpengaruh terhadap pendidikan islam, dimana untuk meningkatkan kualitas pendidikan islam tentunya paradigma harus dapat memposisikan kedalam komponen sistem terpenting bagi lembaga tersebut untuk mendidik manusia seutuhnya (insan kamil). Sehingga dapat mencapai harapan dan tujuan pendidikan islam yang bernilai tinggi yaitu hadirnya akhlakul karimah pada diri tiap-tiap peserta didik. Berpikir berpengaruh terhadap pendidikan islam, Artinya berpikir dalam pendidikan islam merupakan interpretasi dan implementasi dari tadhakkur, tafakkur, tadabbur dan ta’aqqul. Selanjutnya, kesisteman berpengaruh terhadap pendidikan islam. Kesisteman ini harus saling berkaitan antara satu komponen dengan komponen lainya. Tujuanya ialah untuk menemukan suatu model pendidikan atau pembelajaran yang baik, dan efektif. Maksudnya yaitu saling berhubungan antara apa yang di pelajari dan di praktikan dalam kehidupan peserta didik. Sehingga dapat membantu para peserta didik untuk mencapai pribadi yang baik dan berakhlakul karimah.
Copyrights © 2020