Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2020 - Mei 2021)

MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH MELALUI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KEPERCAYAAN (SURVEY PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG SAROLANGUN)

Ahmadi Ahmadi (Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Maulana Qori (STAI SMQ) Bangko Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer relationship management (CRM) dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun simultan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Sarolangun. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Sarolangun dengan jumlah sebanyak 4.796. Ukuran atau jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Slovin dengan nilai e = 10 %, sehingga diperoleh sampelnya (n) sebanyak 97,96 di bulatkan menjadi 100. Metode analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis), dilanjutkan dengan analisis determinasi (R Square), pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F) dengan alpha 5 persen (0,05). Sebelum dianalisis lebih lanjut terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Alat bantu analisis menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Sarolangun.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...