Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PERAN PEREMPUAN MASA KINI PADA IKLAN TELEVISI (KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Luly Zahrotul Lutfiyah (IKIP Budi Utomo)
Kingkin Puput Kinanti (IKIP Budi Utomo)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai peran perermpuan dalam iklan televisi yang dikaji dengan ilmu semiotika Roland Barthes. Peran perempuan dalam iklan televisi ini berebentuk tiga makna yaitu makna denotasi, makna konotasi dan mitos. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian bertujuan untuk menemukan peran perempuan masa kini dalam iklan televisi. Data penelitian adalah data deskripsi faktual transkripsi data. Penelitian menggunakan tiga metode, yaitu metode pengumpulan data, analisis data, dan penyajian analisis data. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat berkaitan dengan peran perempuan yang ada dalam iklan televisi. Analisis data menggunakan analisis kajian semiotika Roland Barthes, yaitu menganalisis makna denotasi, makna konotasi dan mitos yang terdapat dalam iklan. Metode penyajian hasil analisis data adalah metode informal yaitu menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan dalam iklan sangatlah penting mulai dari perempuan yang berprofesi menjadi ibu rumah tangga yang berbisnis online sampai hubungan antara ibu dan anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...