Unilib: Jurnal Perpustakaan
Vol. 11 No. 2 2020

Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) Di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik Kabupaten Magelang

Nurjito A.S (SMP NEGERI 2 KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Dalam sekolah posisi perpustakaan sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan karena banyaknya bahan pustaka yang disediakan. Untuk meningkatkan minat siswa-siswi agar gemar membaca, sebagai pustakawan harus bisa mendorong siswa untukĀ  belajar mencari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan yang disediakan di perpustakaan. Dalam penelitian ini, akan dibahas tentang cara melaksanakan pendidikan pemustaka di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik Kab. Magelang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana setelah dilaksanakan pendidikan pemakai siswa siswi maupun guru dalam menggunakan perpustakaan apakah sudah baik dan benar sesuai dengan apa yang diberikan dalam materi pendidikan pemakai di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik. Sehingga sebagai tolak ukur apakah pendidikan pemakai khususnya di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik perlu diadakan dalam satu tahun itu cukup sekali ataupun harus lebih, dikarenakan di kalangan siswa perpustakaan itu hanya sebagai tempat yang membosankan, sepi dan sebagai tempat hukuman dari guru bagi yang tidak mengerjakan tugas. Hasil riset membuktikan, bahwa ternyata masih banyak pemustaka yang masih awam dalam memanfaatkan perpustakaan dengan baik dan benar. Untuk itu pustakawan sebaiknya melaksanakan pendidikan pemustaka secara rutin, apalagi sekarang dengan beredarnya sumber informasi dan teknologi yang pegitu melesat sehingga pemustaka dan pustakawan tidak boleh ketinggalan dalam mendapatkan informasi yang terbaru atau mutakhir. Peneliti merekomendasikan selain adanya dukungan anggaran yang cukup, diperlukan juga dukungan moral bagi pustakawan dalam bentuk pengakuan antara lain dalam bentuk : (a) Pendidikan formal pustakawan ke jenjang yang lebih tinggi; (b) Pendidikan pengguna selalu diadakan, supaya pemustaka betul-betul memahami cara mencari informasi di perpustakaan dengan tepat dan efisien.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

unilib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi ...