Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis (JTIEMB)
Vol. 1 No. 3 (2021): Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Februari 2021

Pengaruh Kualitas Pelayanan Museum Nasional Indonesia terhadap Minat Berkunjung Kembali Pengunjung

M Daffa Atallarick (Unknown)
Markoni Badri (Unknown)
Yusleli Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat pengaruh kualitas pelayanan Museum Nasional Indonesia terhadap minat berkunjung kembali pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif-deskriptif dengan menggunakan 100 responden yang pernah melakukan kunjungan ke Museum Nasional Indonesia lebih dari satu kali. Variabel Bebas adalah Kualitas Pelayanan dengan dimensi Bukti Fisik, Daya Tanggap, Empati, Komunikasi, dan Pameran, sedangkan Varibael Terikat adalah Minat Berkunjung kembali. Pengambilan data penelitian menggunakan teknik survei yang dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan IBM SPSS versi 25 dengan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji F, dan Uji t. Secara Simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang sangat kuat dan berhubungan positif-signifikan antara kualitas pelayanan museum dengan minat berkunjung kembali. Secara Parsial menunjukkan bahwa Bukti Fisik, Empati, Komunikasi, dan Pameran, berpengaruh positif-signifikan, sedangkan Daya Tanggap berpengaruh positif-tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali pengunjung ke Museum Nasional Indonesia. Perlu bagi Museum Nasional Indonesia untuk tetap mempetahankan, menambah beragam perlayanan publik, dan meningkatkan ketanggapan pegawai museum kepada pengunjung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtiemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JTIEMB) is a journal to managed of Departement Administration Business, Politeknik Negeri Sriwijaya, for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and ...