Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa kelas VI yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media permainan edukatif “ular tangga matematika”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitiannya adalah pre experimental design. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VI SD 2 Ternadi, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi siswa dalam belajar matematika, perangkat pembelajaran dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata motivasi siswa yang signifikan di kelas VI SD 2 Ternadi antara sebelum dan sesudah penggunaan media permainan edukatif “ular tangga matematika”. Dengan demikian, adanya media permainan edukatif “ular tangga matematika” menjadikan proses pembelajaran matematika dapat berjalan efektif dan menarik siswa untuk aktif pada saat pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2021