Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Vol 6 No 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus

Abdul Rouf (Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, ada yang lebih mudah menangkap dan mengingat saat pembelajaran termasuk pembelajaran al-Qur’an dan ada yang harus diulang-ulang selama beberapa minggu baru bisa mengingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang. Pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, interview atau wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan penganalisisan data bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan pada hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan al-Qur’an Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang diterapkan dengan menggunakan metode Tilawah TK. Karena dengan metode ini anak lebih mudah memahami dan mengingatnya. Untuk pembiasaan mereka, setiap hari mereka di perkenalkan dengan membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, membaca asma’ul husna, membaca surat-surat pendek, membaca do’a sederhana aktivitas sehari-hari seperti do’a sesudah dan sebelum tidur, do’a masuk keluar kamar mandi, do’a berpergian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sumbula

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya – adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang keagamaan, sosial dan budaya. ...