Journal of Social Politics and Governance (JSPG)
Vol. 3 No. 1 (2021): Journal of Social Politics and Governance (June)

Analisis Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial: Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah

Mohamad Sukarno (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Atik Septi Winarsih (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Hacykal Huda Wijaya (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Prihantika Septi Cahyani (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas pelayanan publik pada Gubernur Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui media sosial twitter. Fokus dalam penelitian ini adalah intensitas akun twitter mengenai pelayanan public dan sekaligus sentiment dari masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data menggunakan software Nvivo 12Plus dari media sosial twitter dengan cara Ncapture dan mengolah di software Nvivo 12Plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya intensitas akun twitter  Gubernur Jawa Tengah pada pelayanan publik tiga bulan tahun 2021 mengalami presentase tertinggi pada bulan Februari yakni 12,44%. Intensitas twitter yang tinggi tersebut menunjukkan bahwasanya melalui Gubernur Jawa Tengah aktif dan intens memberikan informasi dan menerima keluh kesah masyarakat  mengenai pelayananan publik. Selain itu sentimen masyarakat dari aktivitas akun twitter Gubernur Jawa Tengah yakni diakumulasikan sebanyak 16 persen positif dan 28 persen negatif. Sentimen tersebut didasari atas respons masyarakat terkait dengan pelayanan publik di Jawa Tengah pada bulan Januari-Maret 2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jspg

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Social Politics and Governance (JSPG) adalah jurnal peer-review yang dikelola oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta dan diterbitkan dua kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember). Journal of Social Politics and Governance (JSPG) juga berafiliasi dengan ...