Abstrak:Permasalahan yang ada pada mata pelajaran Mekanika Teknik adalah dimana guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sehingga kondisi peserta didik ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar masih bersifat pasif. Dikarenakan guru hanya menyampaikan pelajaran secara teoritis sehingga peserta didik hanya mendengarkan, menulis dan mengerjakan soal tanpa ada bantuan dari suatu aplikasi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash yang valid dan praktis dalam mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, Design, develop, dan disseminate. Penelitihan ini hanya sampai pada tahap 3D yaitu Define, Design, dan Develop. Instrument yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk validator materi, validator media, validator bahasa, serta guru dan siswa. Berdasarkan penilaian terhadap media pemeblajaran interaktif pada mata pelajaran Mekanika Teknik oleh Validator materi 1 sebesar 98% dan masuk kedalam kriteria sangat valid, validator materi 2 sebesar 95% dan masuk kedalam kriteria sangat valid, validator materi 3 sebesar 96% dan masuk kedalam kriteria sangat valid, validator media sebesar 100% dan masuk kedalam kriteria sangat valid, validator bahasa sebesar 88% dan masuk kedalam kriteria valid. Penilain praktikalitas yang dilakukan oleh guru diperoleh nilai sebesar 97% dan masuk kedalam kriteria praktis, serta penilaian dari 15 orang siswa diperoleh nilai sebesar 92,8% dan termasuk kedalam kriteria sangat praktis. Bersadarkan hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.
Copyrights © 2021