Penelitian ini berkonsentrasi pada pengkajian dan analisa pengaruh motivasi untuk berbagi terhadap sikap berkonsumsi dan partisipasi kolaborati pengguna Grab Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan dengan metode survei dan mengamatan langsung terhadap pengguna platform transportasi online Grab Yogyakarta dengan metode sampel non probability sampling dan teknik incidental purposive sampling sebanyak 100 orang. Adapun hasil yang diperoleh adalah variabel motivasi ekstrinsik untuk berbagi mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap berkonsumsi pengguna Grab di Yogyakarta; variabel motivasi intrinsik untuk berbagi mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap berkonsumsi pengguna Grab di Yogyakarta; variabel sikap berkonsumsi mempunyai pengaruh signifikan terhadap partisipasi kolaboratif pengguna Grab di Yogyakarta; Motivasi ekstrinsik berpengaruh terhadap partisipasi kolaboratif pengguna Grab di Yogyakarta tidak melalui sikap berkonsumsi dan motivasi intrinsik berpengaruh terhadap partisipasi kolaboratif pengguna Grab di Yogyakarta tidak melalui Sikap Berkonsumsi.Kata kunci: sharing economy, partisipasi kolaboratif, sikap berkonsumsi
Copyrights © 2021