Kalamuna
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Arabic Education & Arabic Studies

Pemunculan Unsur Tradisi Dalam Novel Al-Lawn Al-Ãkhar Karya Ihsan Abdul Quddũs : (Kajian Fenomenologi Sastra Konsep Wolfgang Iser)

Shofa Syahidah (mahasiswa)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang unsur-unsur tradisi dalam novel Al-Lawn Al-Akhar karya Ihsan Abdul Quds. Novel ini menceritakan tentang perpisahan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan budaya antara Mesir dan Sudan. Tokoh utama dalam novel tersebut adalah Mirfat, seorang gadis Mesir yang menikah dengan Hasan Babakar Faqi, seorang pemuda Sudan yang belajar di Universitas Kairo, Mesir. Dan muncul tokoh lain seperti Yasir dan Khadum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan teks novel Al-Lawn Al-Akhar untuk memberikan gambaran skematis tentang tradisi dan konkretisasi ilustrasi skema tradisi. Sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi sastra konsep Wolfgang Iser untuk menganalisis fenomena tradisi yang terdapat dalam novel. Kata kunci: fenomena tradis; novel arab; perkawinan; unsur tradisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kalamuna

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Yhis journal is written using multilingual and contains scientific articles, research, research of community society, students thesis and we are invites scholars and experts working specializes in arabic education and learning at schools, madrassas, an/or Islamic boarding schools (pesantren) in ...