Kalamuna
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Arabic Education & Arabic Studies

Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan

Taufik Luthfi (STAI Dr. KH.EZ.Muttaqien Purwakarta)
Dede Rizal Munir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Kemampuan membaca al Quran wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat muslim khususnya muslim Indonesia, beberapa pendekatan dan metodologi dan usaha membantu para siswa supa cepat memahami dan mempunyai kemampuan membaca dan menulis al quran (BTQ) dilakukan termasuk memasukan program Baca tulis pada lembaga pendidikan. Kesungguhan para staikholder pendidikan untuk menciptakan siswa yang menguasi ilmu pengetahuan dan di imbangi keimanan dan ketakwaan yang mendasari sekolah dalam mendorong para siswanya mampu membaca dan menulis al Quran. Peneliti dalam observasi ke Sekolah SMP AL Ihsan Jatisari Kab.Karawang masih menemukan kemampuan para siswa yang masih rendah dalam kemampuan BTQ, selain itu dalam rangka menunjang kemampuan siswa dalam BTQ SMP Al Ihsan mencantumkan Pelajaran Bahasa Arab sebagai bagian dari kurikulum dan keunggulan lokal yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam BTQ. Dalam melakukan penelitiannya, Peneliti menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara mata pelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al Quran. Berdasarkan perhitungan statistik yang digunakan, hasil yang diperoleh adalah ditemukannya hubungan yang signifikan antara Mata pelajaran Bahasa Arab dengan kemampuan siswa dalam Membaca dan menulis al Quran pada siswa-siswi kelas IX SMP Al Ihsan Jatisari Kab. Karawang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kalamuna

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Yhis journal is written using multilingual and contains scientific articles, research, research of community society, students thesis and we are invites scholars and experts working specializes in arabic education and learning at schools, madrassas, an/or Islamic boarding schools (pesantren) in ...