Kepuasan pasien dengan kualitas layanan kesehatan gigi dan mulut adalah perbandingan antara persepsi layanan yang diterima dan harapan mereka sebelum mendapatkan layanan. Pasien mengharapkan layanan yang baik, cepat, responsif dan nyaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis hubungan mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di poli gigi Rumah Sakit Sultan Abdul Aziz Syah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke poliklinik gigi RSUD Sultan Abdul Aziz Syah, Peureulak, Kabupaten Aceh Timur sebanyak 219 orang. Jumlah sampel sebanyak100 orang dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien sebesar 85% dan sebesar 15 % pasien menyatakan kurang puas. Kesimpulannya bahwa terdapat hubungan aspek fisik (p = 0,000), reliabilitas (p = 0,000), interaksi personal (p = 0,000), pemecahan masalah (p = 0,000) dan kebijakan (p = 0,000) pada kepuasan pasien di poliklinik gigi Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak.
Copyrights © 2021