Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 12, No 1 (2021): APRIL

ANALYSIS OF STUDENTS RESPONSES TO ONLINE LEARNING USING UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY MODEL

Zaenab Jamaludin (Universitas Flores)
Syaharuddin Syaharuddin (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Ahmad Ahmad (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nur Indah Sari (STKIP Pembangunan Indonesia Makassar)
Vera Mandailina (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Dewi Pramita (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan 239 siswa dan 847 mahasiswa terhadap proses pelaksanaan pembelajaran daring selama COVID-19 menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menganalisis hasil angket yang telah disebar secara online, dimana angket sebanyak 17 indikator/pertanyaan dengan skala Likert 4 option. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi. Hasil analisa data menunjukkan bahwa tanggapan siswa dan mahasiswa dari segi kinerja, usaha, dan faktor sosial terhadap minat belajar secara daring sebesar 44,9% yang berarti sedang, sedangkan dari segi kondisi fasilitas dan minat terhadap upaya menerapkan pembelajaran daring sebesar 37% yang berarti rendah. Oleh sebab itu, melalui pembelajaran daring seharusnya guru ataupun dosen lebih efektif menggunakan e-learning yang memuat materi lebih komplek sebagai sarana dan sumber belajar yang optimal bagi siswa ataupun mahasiswa.Abstract:  This study aims to analyze students' responses to the process of implementing online learning during COVID-19 using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model. This research is a quantitative research by analyzing the results of polls that have been distributed online, where the questionnaire as many as 17 indicators / questions with a scale Likert 4 options. The data analysis used is a regression test. The results of the data analysis showed that the response of students and students in terms of performance, effort, and social factors to online learning interest by 44.9% which means moderate, while in terms of facilities and interest in efforts to implement online learning by 37% which means low. Therefore, through online learning, teachers or lecturers should be more effective in using e-learning that contains more complex materials as optimal means and learning resources for students.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan sejak tanggal 1 April 2010 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ISSN 2086-6356. Adapun fokus dan scope publikasi adalah hasil penelitian atau kajian kritis di bidang ...