SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri
Vol 17, No 2 (2020): Juni 2020

Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot

Ekie Gilang Permata (Unknown)
Muhammad Rizki (Unknown)
Petir Papilo (Unknown)
Silvia Silvia (Unknown)
azzahra mahabbah zain (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Lillah Hijab adalah sebuah industri rumahan yang memproduksi berbagai produk fashion seperti produk hijab. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran Lillah Hijab dengan menggunakan metode BCG Matrix dan Analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menggunakan matriks BCG dengan menghitung tingkat pertumbuhan pasar bahwa Lillah Hijab terletak pada posisi Question Mark sebesar 14,2 % dan pada perhitungan pangsa pasar relatif bahwa posisi Lillah hijab menghadapi pangsa pasar yang rendah dan terjadi kondisi pertumbuhan yang tinggi dengan nilai sebesar 0,85. Hasil dari analisis SWOT terdapat beberapa bagian yaitu Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matrik IE, dan strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan penjualan Lillah Hijab. Strategi Perusahaan yang Efektif dalam Meningkatkan Penjualan Lillah Hijab adalah dengan Strategi S-O (Strengths-Opportunitties) melakukan kerjasama yang baik kepada karyawan dan distributor, melakukan potongan harga disetiap hari spesial, mempertahankan dan meningkatkan kualitas pada produk. Strategi S-T (Strengths-Opportunitties) menetapkan harga sesuai dengan perubahan harga bahan baku, tetap memperhatikan kebutuhan pelanggan tanpa merugikan perusahaan, dan menambah beberapa jenis produk yang baru dengan memperhatikan kualitas agar dapat bersaing dengan produk yang tidak sejenis maupun yang sejenis. Strategi W-O (Weaknesses-Opportunities) menambah modal dengan melakukan kerjasama investor atau melakukan peminjaman kepada bank, melakukan kerjasama dengan agen-agen gunanya untuk memperluas area pemasaran, membuka toko sendiri di perkotaan, serta memperluas pangsa pasar dengan mengikuti strategi penjualan online, yang dan melakukan pengembangan produk agar menarik pelanggan. Strategi W-T (Weaknesses-Threaths) mengumpulkan informasi dalam pengembangan dan pemasaran produk dan melakukan kerjasama yang baik dengan penyedia bahan baku dan investor agar dapat meningkatkan kapasitas produksi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sitekin

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

Sesuai dengan standard ISO 45001 bahwa karyawan harus berpartisipasi dalam melakukan pencegahan kecelakaan. Untuk itu perusahaan telah menetapkan Program Hazob (Hazard Observation) untuk mengidentifikasi bahaya dan melakukan tindakan koreksinya. Penerapan Program Hazob masih dengan metode ...