Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 Juni 2021

APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR)

Aditya Fajar Ramadhan (Universitas Teknokrat Indonesia)
Ade Dwi Putra (Universitas Teknokrat Indonesia)
Ade Surahman (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Perananan teknologi memiliki banyak manfaat diberbagai bidang dan aspek kehidupan, salah satunya adalah smartphone. Pesatnya perkembangan smartphone android, muncul teknologi Augmented Reality (AR) pada smartphone. Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk 3D. Di masa pandemi ini proses pembelajaran teori di SMK BLK dari tatap muka dirubah menjadi online. khusus nya untuk pembelajaran pengenalan perangkat keras (hardware) tidak efektif. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis dengan guru TKJ SMK BLK. siswa hanya mampu menyerap setengah dari materi pembelajaran tersebut. faktor keterbatasan alat peraga membuat guru  sulit untuk menjelaskan bentuk dan fungsi hardware komputer karena banyaknya bentuk dari komponen perangkat tersebut. dengan memanfaatkan Augmented Reality pada smartphone berbasis OS Android, penelitian ini bertujuan membuat aplikasi pengenalan perangkat keras komputer sebagai alat bantu pembelajaran siswa jurusan TKJ BLK  yang mampu mengenali atau pun mendeteksi hardware. Aplikasi dibuat menggunakan Unity 3D ,Vuforia SDK dan Vuforia Object Scanner yang dijalankan pada perangkat android. Aplikasi dikembangkan dengan metode MDLC. Hasil pengujian ISO 25010 aplikasi pengenalan perangkat keras komputer diperoleh hasil dari empat aspek yang diujikan yaitu: aspek Functional Suitability diperoleh nilai sebesar 100%, kriteria Usability diperoleh nilai sebesar 81,2%, aspek Portability pada proses penginstallan dan aplikasi berjalan memperoleh nilai sebesar 70 % dan response time pada aspek Performance Efficiency memperoleh waktu total sebesar 6,1699 detik . berdasarkan nilai persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat aplikasi secara keseluruhan mempunyai skala “Baik” dan dinilai layak untuk diterapkan pada siswa TKJ SMK BLK Bandar LampungKata Kunci: Android, Perangkat Keras, Augmented Reality, Unity 3D

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sisteminformasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

Data and Information Management Conceptual Data Model Data and Database Administration Database Management Systems Database Systems File Organizations Techniques Information Management Concepts Logical Data Model Physical Data Model Security Database Physical Data Storage Concepts Query Languages ...