Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 02 (2021): Februari

Peningkatan Interaksi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Kooperatif Tipe TAI

Kurnia Rahayuningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Karma Iswasta Eka (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Arifin Muslim (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, keefektifan model kooperatif tipe TAI, dalam meningkatkan interaksi dan prestasi belajar peserta didik. Subjek penelitian ini, peserta didik kelas V yang berjumlah 24 orang peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus diadakan evaluasi dengan mengerjakan lembar soal evaluasi. Hasil interaksi belajar mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 50% menjadi 70% pada siklus II. Hasil prestasi belajar juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan pada siklus I secara klasikal pada muatan IPA dari 62,5% menjadi 70%, pada muatan bahasa Indonesia ketuntasan secara klasikal dari 70% menjadi 75%. Temuan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah saat diskusi kelompok masih ada beberapa peserta didik yang belum mau menyampaikan pendapatnya. Kecenderungan peserta didik untuk berkelompok dengan teman akrabnya, membuat kelompok yang dibentuk guru menjadikan interaksi kurang optimal. Hal tersebut, tentu mempengaruhi prestasi belajar beberapa peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...