CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol. 1 No. 3 (2021)

PENDEKATAN RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 KILANG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MUHAMAD SUHARDI (Universitas Pendidikan Mandalika Mataram)
HAROMAIN HAROMAIN (Universitas Pendidikan Mandalika Mataram)
WIDA WIDA (Universitas Pendidikan Mandalika Mataram)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus diharapkan melalui pendekatan ramah anak siswa mampu meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemic covid-19. Pendekatan ramah anak dalam pembelajaran masa pandemic covid-19 yang dilaksanakan melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) ramah anak dan pembelajaran luar jaringan (luring) ramah anak. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan pendekatan ramah anak pada proses pembelajaran daring dan luring diperoleh hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan meskipun masih ada kendala dalam pelaksanaanya. Hal ini terlihat pada hasil wawancara yang dilakukan peneliti, bahwa ada suasana positif yang terjadi ketika pembelajaran dilaksanakan. Dimana guru dan siswa sangat antusias bahkan semangat dalam proses pelaksanaanya. Tentunya dalam proses pendekatan pembelajarannya guru dan siswa selalu menerapkan budaya 5S yaitu budaya senyum, salam, sapa, santun dan sabar. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pendekatan ramah anak dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemic covid-19 di SDN 1 Kilang, Kabupaten Lombok Timur.   

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu ...