Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi peningkatan pajak reklame, pajak restoran dan pajak hotel di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititf dengan informan berjumlah sebanyak 6 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif yang mencakup pengumpulan data yang terintegrasi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan pajak reklame, pajak restoran, dan pajak hotel di Bapenda Kabupaten Kolaka yakni strategi berbasis demokrasi dan akuntabilitas yang mencakup penemuan, penilaian, pembebanan, sensitisasi, pengumpulan, dan kepatuhan, namun strategi-strategi tersebut seluruhnya belum terimplementasi secara optimal dan komprehensif. Kata Kunci: Strategi, Peningkatan, Pajak Daerah
Copyrights © 2021