EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 7, No 2 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Learning Manajemen System (LMS) Polbangtan Malang

Hana Nur Eritrina (Politeknik Pembangunan Pertanian Malang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Meluasnya penggunaan internet pada dunia pendidikan telah mengubah cara pembelajaran dari pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran berbasis internet. Pandemi Covid 19 menjadi pemicu penggunaan Learning Manajemen System (LMS) pada proses pembelajaran. Polbangtan Malang telah menggunakan LMS dalam pembelajaran.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan LMS Polbangtan Malang. Metode yang dipilih adalah metode survei untuk mengetahui penggunaan LMS oleh mahasiswa. Pengambilan sampel yang dipilih adalah convenience sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Ekonomi Agribisnis.  Metode observasi dan pengumpulan data dilakukan untuk melengkapi hasil survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  mahasiswa terbantu dengan adanya LMS. Dosen mampu menggunakan fitur dasar pada LMS Polbangtan Malang. Dosen mampu membuat kelas virtual, mampu mengupload materi, membuat tugas/assignment, mengelompokkan kriteria tugas mahasiswa. Namun dosen belum memaksimalkan fitur lain seperti penilaian tugas, rekap penilaian di akhir pembelajaran, pemberian reward, dan koneksi LMS dengan akun jejaring sosial. Namun demikian keaktifan dosen dan mahasiswa masih kurang. Hal ini dilihat dari kurangnya diskusi dan updates yang ada di LMS dan kurangnya tanggapan ketika ada updates postingan. Mahasiswa sudah dapat melakukan diskusi namun keinginan untuk menanggapi diskusi masih kurang.

Copyrights © 2021