Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 3, No 1 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya

Ni Putu Gita Arilaksmi (Universitas Negeri Malang)
Susiswo Susiswo (Universitas Negeri Malang)
I Made Sulandra (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa berdasarkan tahapan Polya ialah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif pada metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 21 Malang pada kelas VIII.6, dengan menyaring siswa menjadi tiga yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Peneliti sendiri, tes masalah open-ended, dan pedoman wawancara ialah instrument yang digunakan. Siswa berkemampuan matematika tinggi mempunyai kemampuan sangat baik dalam memecahkan masalah dan memenuhi keempat tahapan Polya. Siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi tiga tahapan Polya tanpa mengecek kembali dan dapat dikategorikan baik. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi keempat tahapan pemecahan masalah Polya dan dikategorikan kurang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...