LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021)

PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA INDAH GEGURITAN MELALUI TEKNIK “BASMI KORUPSII” SISWA KELAS VII-A DI SMPN 23 SURABAYA

NOVITA APRILIANTI (SMP Negeri 23 Surabaya, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan proses peningkatan ketrampilan membaca indah geguritan siswa kelas VII-A SMP Negeri 23 Surabaya semester genap tahun pelajaran 2020/2021 melalui teknik BASMI KORUPSII dan mendekripsikan peningkatan ketrampilan membaca indah geguritan siswa kelas VII-A SMP Negeri 23 Surabaya semester genap tahun pelajaran 2020/2021 melalui teknik BASMI KORUPSII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu proses tindakan pada siklus I dan siklus II. Sikus I bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca indah geguritan dengan teknik BASMI KORUPSII, sedangkan siklus II bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam membaca indah geguritan setelah dilakukan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran siklus I. Ada empat tahap pokok pada penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik BASMI KORUPSII dipilih peneliti sebagai obat untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran ketrampilan emmbaca indah geguritan dengan tujuan untuk mempermudah siswa mengetahui trik bagaimana membaca indah geguritan. Pembelajaran dengan menggunakan teknik BASMI KORUPSII ini dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam membaca indah geguritan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, yaitu peningkatan dari siklus I yang memperoleh 45% mengalami peningkatan di siklus II menjadi 84%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...