LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA CERPEN KELAS VIII.E SMPN 2 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2020-2021

BADELAH BADELAH (SMP Negeri 2 Sakra, Lombok Timur)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks drama dengan menggunakan media cerpen siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sakra tahun pelajaran 2020/2021. Masalah yang terjadi dalam penelitian ini, yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks drama. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menulis teks drama. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu metode observasi, metode tes dalam bentuk penugasan menulis teks drama, dan metode dokumentasi. Obsrvasi dilakukan guna mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Rancangan penelitian dilaukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap siklus dilakukan mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data media cerpen dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sakra Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini terbukti pada pratindakan memperoleh nilai 2358 dengan rata-rata 73,69 dan peresentase ketuntasan sebesar 59%, siklus I memperoleh nilai 67,33 dengan rata-rata 67,11 dan peresentase ketuntasan mencapai 72%, dan siklus II memperoleh nilai 83,97 dengan rata-rata 83,54 dan persentase ketuntasan 87,5%. Dengan demiakian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerpen dapat meningkatkan mutu proses hasil belajar menulis teks drama siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sakra tahun pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...