SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 1 No. 1 (2021)

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS PANDANACEAE DI PULAU PEPAYA PADA KAWASAN TAMAN NASIONAL TELUK CENDERAWASIH (Identification of Pandanaceae Types in Pepaya Island in The National Park Areas of Teluk Cenderawasih)

ZETH PARINDING (Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Diversitas pandanus di Papua masih banyak yang belum diketahui, walaupun cukup banyak yang sudah diidentifikasikan. Pandanus pada kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih, sampai saat ini belum didokumentasikan dengan baik, sehingga diversitas pada pulau dan pesisirnya perlu diidentifikasikan kembali. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei lapang dan wawancara semi struktural serta studi literatur. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah jenis-jenis buah pandan, yang tampak saat ditemukan atau pada Herbarium Pusat Keanekaragaman Hayati (PPKH) Universitas Papua Manokwari dengan obyek utama yaitu jenis-jenis Pandanus sp. di pulau Pepaya pada kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Jenis-jenis pandanus di Pulau Pepaya pada kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih ditemukan sebanyak 3 jenis, yaitu: Pandanus tectorius, Pandanus odoratissimus, dan Pandanus polycephalus (yang berbeda).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...