SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 1 No. 1 (2021)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MELALUI PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI

DWINA PERMATA SARI (SD Negeri 32 Prabumulih)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VI SD Negeri 32 Prabumulih dalam memahami materi Operasi Hitung Pecahan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media Video Animasi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 (dua) siklus yang setiap siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas VI SD Negeri 32 prabumulih. Data kemampuan peserta didik dalam memahami operasi hitung pecahan dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai post test pada siklus pertama adalah 70,24dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 67%. Pada siklus kedua diperoleh rata-rata nilai post test adalah 83,57 dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 86%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media video animasi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung pecahan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...