SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 1 No. 1 (2021)

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS MATERI PERSAMAAN DIFERENSIAL BERDASARKAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

ERLAN SISWANDI (Program Studi Teknik Lingkungan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Persamaan Diferensial merupakan salah satu materi pada mata kuliah Kalkulus. Pada materi ini, mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sehingga terjadi kesalahan. Adapun kesalahan-kesalahan yang terjadi sangat penting untuk dipecahkan agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang sama di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus materi persamaan diferensial ditinjau dari kemampuan awal matematika mahasiswa berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus terhadap 3 mahasiswa program studi Teknik Lingkungan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen bantu berupa soal pemecahan masalah kontekstual dan juga pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yaitu kesalahan pengkodean, kemudian mahasiswa dengan kemampuan awal matematika sedang mengalami kesalahan proses penyelesaian dan kesalahan pengkodean, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan awal matematika rendah mengalami kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan proses penyelesaian, dan kesalahan pengkodean. Jadi, mahasiswa dengan kemampuan awal matematika tinggi lebih sedikit kesalahan jika dibandingkan mahasiswa dengan kemampuan awal matematika sedang dan rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...