Stock Peternakan
Vol 2, No 1 (2020)

PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN PAKAN KOMERSIL DENGAN TEPUNG WORTEL LIMBAH PASAR SAMPAI LEVEL 12 % TERHADAP BERAT TELUR PUYUH (Coturnix-coturnix japonica)

Hanapis Hanapis (Unknown)
Eko Joko Guntoro (Unknown)
aswana aswana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan penggantian sebagian pakan komersil dengan tepung wortel limbah pasar yang terbaik terhadap berat telur, berat kerabang telur, berat putih telur dan berat kuning telur puyuh. Penelitian dilaksanakan di desa Empelu Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo dari tanggal 22 Mei 2019 sampai 22 Juli 2019.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Setiap unit percobaan terdiri dari lima ekor DOQ, masing-masing perlakuan tersebut adalah W0 (100 % Pakan Komersil + 0 % tepung wortel), W1 (97 % Pakan Komersil + 3 % tepung wortel), W2 (94 % Pakan Komersil + 6 % tepung wortel), W3 (91 % Pakan Komersil + 9 % tepung wortel) dan W4 (88 % Pakan Komersil + 12 % tepung wortel). Adapun parameter yang diamati adalah berat telur (gr), berat kerabang telur (gr), berat kuning telur (gr), dan berat putih telur (gr). Jika analisis keragaman menunjukkan pengaruh yang nyata, maka untuk melihat perbedaan perlakuan dilanjutkan dengan uji Lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian sebagian pakan komersil dengan tepung wortel limbah pasar sampai taraf 12 % memberikan hasil yang sama dan tidak berpengaruh nyata terhadap berat telur, berat kerabang telur, berat kuning telur dan berat putih telur puyuh. Perlakuan terbaik pada penggantian sebagian ransum komersil dengan tepung wortel limbah pasar adalah perlakuan W4 terhadap berat telur, berat kerabang telur, berat putih telur dan berat kuning telur puyuh.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Sptr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

Stock Peternakan Merupakan Jurnal Yang menerbitkan artikel dengan kajian benih, bibit, bakalan, ternak ruminansia indukan, pakan, alat dan mesin, budi daya ternak, panen, pasca panen, pengolahan, pemasaran, pengusahaan, pembiayaan dan sarana dan ...