Stock Peternakan
Vol 2, No 2 (2020)

PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN RANSUM KOMERSIL DENGAN TEPUNG ROTI AFKIR SEBAGAI PAKAN TAMBAHAN TERHADAP PRODUKSI TELUR PUYUH LOKAL (Coturnix - Coturnix Japonic)

budi syaroni (Unknown)
Eko Joko Guntoro (Unknown)
aswana aswana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggantian sebagian ransum komersil dengan tepung roti afkir berpengaruh terhadap umur induk pertama kali bertelur, berat telur, produksi telur dan indeks telur. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan, dimana setiap unit percobaan terdiri dari lima ekor DOQ, masing-masing perlakuan tersebut adalah R0 (100 % pakan komersil), R1 (90 % pakan komersil + 10 % tepung roti afkir), R2 (80 % pakan komersil + 20 % tepung roti afkir), R3 (70 % pakan komersil + 30 % tepung roti afkir) dan R4 (60 % pakan komersil + 40 % tepung roti afkir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian sebagian ransum komersil dengan tepung roti afkir memberikan hasil yang tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati yaitu Umur Induk Pertama Kali Bertelur (Hari), Berat Telur (g), Produksi Telur (%) dan Indeks Telur (%). Tepung wortel limbah pasar dapat digunakan sebagai penggantian ransum komersil hingga taraf 40 %.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Sptr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

Stock Peternakan Merupakan Jurnal Yang menerbitkan artikel dengan kajian benih, bibit, bakalan, ternak ruminansia indukan, pakan, alat dan mesin, budi daya ternak, panen, pasca panen, pengolahan, pemasaran, pengusahaan, pembiayaan dan sarana dan ...