Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan

Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MA NW Dames Lombok Timur

Siti Nurbainah (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA NW Dames. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan lima prosedur penelitian yaitu; (1) pendahuluan, (2) pengembangan produk awal, (3) uji produk awal, (4) finalisasi produk akhir, dan (5) uji produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar ekonomi kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil     belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 92%, respon siswa memiliki nilai persentase rata -rata 90%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan paket bahan bahan ajar ekonomi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay ini memperoleh nilai rata-rata 89,58 sehingga dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di MA NW Dames.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jhm

Publisher

Subject

Description

Jurnal Humanitas (ISSN: 2407-4411, e-ISSN: 2502-406X) terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan analisis kritis. Jurnal Humanitas adalah jurnal di bidang Pendidikan IPS dan Ilmu Sosial yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPS ...