Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 9, No 1 (2021): VOLUME 9 NOMOR 1 JUNI 2021

Profil multiple intelligences dalam kemampuan pemecahan masalah matematika

Rohyatun Handayaningsih (Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (MTs N 5 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil multiple inteligences peserta didik pada pemecahan masalah matematika. Metode penelitian ini adalah kualitatif, subjek penelitian  sebanyak 32 peserta didik. Data dikumpulkan dengan angket, tes dan wawancara menggunakan instrumen angket, soal tertulis, dan pedoman wawancara. Analisis dilakukan dengan empat tahapan pemecahan masalah Polya yaitu: memahami (understanding the problem, devising the plan, carrying the plan, dan looking back. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tipe verbal mampu menyelesaikan 3 tahap dari 4 tahapan Polya, (2) tipe matematis mampu dalam 3 tahap dari 4 tahap, (4) tipe visual mampu menyelesaikan 1 tahap dari 4 tahap, (5) tipe musik mampu menyelesaikan 2 dari 4 tahap, (6) tipe naturalis secara umum mampu menyelesaikan 2 dari 4 tahap, (6) tipe kinestetik mampu dalam 2 dari 4 tahap, (7) tipe interpersonal mampu dalam semua tahap, dan (8) tipe intrapersonal mampu menyelesaikan 2 dari 4 tahap.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...