Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021

Panduan Self Instruction dengan Pendekatan Structured Learning Approach untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP

Erma Pratiwi Nufi (Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang)
Arbin Janu Setiyowati (Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang)
Diniy H. Rahman (Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to produce a training guide product that meets the acceptance criteria. This study uses Borg & Gall  model research design. The data obtained in the form of quantitative data include aspects of accuracy, utility, propriety, and feasibility. The research subjects are BK experts, media experts, and potential users. The research instrument included BK experts instruments, media experts instrumen and scale of procrastination. Data analysis techniques used an interater agreement. The results show that the results from BK have a validity index 0,73 "medium" category, from media experts is 1 category "very high", and from prospective users is 1 "very high" category. It can be concluded that the developed guide meets the product acceptance criteria.Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk panduan pelatihan yang memenuhi kriteria keberterimaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Borg & Gall. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif mencakup aspek ketepatan, kegunaan, kemenarikan, dan kelayakan. Subjek penelitian yaitu ahli BK, ahli media, dan calon pengguna. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup instrumen uji ahli BK, uji ahli media dan skala prokrastinasi. Teknik analisis data menggunakan interater agreement. Hasil uji lapangan menunjukkan hasil penilaian dari ahli BK memiliki indeks validitas sebesar 0,73 kategori “sedang”, dari ahli media yaitu 1 kategori “sangat tinggi”, dan dari calon pengguna yaitu 1 kategori “sangat tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa panduan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keberterimaan produk.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...