SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Vol 7 No 1 (2021): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi

Implementasi Augmented Reality Pada Kelompok Jurus Dasar Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci

Rahmad Al Rian (Universitas Muhammadiyah Riau)
Pratama Benny Herlandy2 (Universitas Muhammadiyah Riau)
Raja Nur Azmi Syofiah (Universitas Muhammadiyah Riau)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2021

Abstract

Pandemi covid-19 yang mewabah pada tahun 2019 telah menyebabkan terjadinya perubahan pada perilaku manusia dan meningkatnya penggunaan teknologi smartphone oleh pelajar untuk proses belajar. Wabah pandemi covid-19 menyebabkan pemerintah mengeluarkan instruksi berlakukan lockdown yang menyebabkan terbatasnya kegiatan harian masyarakat. Dampak tersebut juga dirasakan oleh Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang harus meliburkan para siswa, kader dan pendekar dari aktifitas latihan pada cabang latihan. Tapak Suci yang merupakan perguruan seni beladiri adalah kegiatan olahraga yang memiliki kontak fisik antar sesama rekan latihan dan keadaan ini merupakan salah satu indikator penyebab menyebarnya virus covid-19. Penulis melakukan riset penerapan augmented reality yang bertujuan untuk implementasi augmented reality pada kelompok jurus dasar Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah dengan metode research and development model Borg and Gall. Hasil dari riset ini berupa teknologi augmented reality yang menampilkan gerakan 7 kelompok jurus dasar menggunakan tangan Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

satin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian dalam bentuk artikel penelitian, studi literatur dan artikel dalam bentuk konsep dan kebijakan dalam bidang ...