Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku digital yang valid, layak, menarik dan efektif sebagai media pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembngan 4D dari Thiagajaran yang terdiri atas 4 langkah yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs di Kabupaten Lampung Barat. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, angket validator ahli materi dan media, angket respon kemenarikan peserta didik, dan tes. Hasil validasi ahli materi dan ahli media memperoleh skor 3,69 dan 3,75 dengan kriteria “layak”, hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh skor 3,7 dan 3,79 dengan kriteria “sangat menarik”, sementara hasil uji efektifitas memperoleh skor N-gain sebsar 0,72 dengan ketegori “tinggi”. Simpulannya adalah buku saku digital berbasis android bercirikan etnomatematika dinyatakan valid, layak, menarik, dan efektif sebagai media pembelajaran matematika.
Copyrights © 2021