Pembelajaran berorientasi masalah (PBM) menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang membangun komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Tujuan penelitian adalah (1) Apakah lembar kerja mahasiswa berorientasi pemecahan masalah valid? (2) Bagaimana hasil keterbacaan lembar kerja mahasiswa berorientasi pemecahan masalah? Subjek penelitian adalah mahasiswa Biologi Dasar. Penelitian ini menggunakan Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan yang dikembangkan (Borg & Gall, 1983) Data validitas LKM diperoleh dari hasil analisis Content Validity Ratio (CVR). Data tingkat keterbacaan diukur menggunakan Teknik Uji Rumpang (TUR). Hasil penelitian bahwa validitas LKM biologi dasar berorientasi pemecahan masalah dinyatakan valid dengan interpretasi tinggi nilai CVR ≥ 1 (layak) baik ditinjau dari aspek isi, penyajian maupun penilaian pemecahan masalah. Rata-rata hasil validator sebesar 92% (kategori sangat baik), hasil produk pengembangan menunjukkan bahwa Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Biologi dasar berorientasi pemecahan masalah telah dilakukan secara benar dan sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah pada mahasiswa IPA di Universitas Wiraraja. Hasil uji keterbacaan LKM sebesar 100%; kategori mudah dipahami oleh mahasiswa.
Copyrights © 2021