SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 4, No 3 (2021): Agustus

PEMBERDAYAAN USAHA MELALUI SISTEM BIOFLOK, MANAJEMEN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN DI DUSUN BENGKEL

Herawati Khotmi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Baehaki Syakbani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Sukma Hidayat Kurnia Abadi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Ulfiani Asdiansyuri (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Hengki Samudra (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Khaerul Hadi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKPermasalahan yang dihadapi oleh mitra dimasa pandemik ini yaitu omset selama 3 bulan terakhir mengalami penurunan, stock pakan ikan sedikit dan harga pakan naik, teknik pemasaran terbilang sederhana dengan menunggu pengepul datang kelokasi, kurangnya aspek permodalan dan belum pernah didanai oleh pihak bank ataupun koperasi, belum adanya manajemen dan administrasi bisnis yang baik dalam pengelolaannya.  Adapun solusi yang ditawarkan menggunakan teknologi system Bioflok untuk menghemat air, ramah lingkungan dan efisien terhadap pakan serta hasil produksi meningkat. Tujuan dari program pemberdayaan masyarakat ini yaitu untuk memberdayakan UMKM dimasa pandemi dengan memberikan alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu memberdayakan teknologi Bioflok dan teknik membantu proses sumber permodalan untuk perluasan usaha melalui pembuatan laporan keuangan sederhana. Adapun Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu merancang bentuk, meng,aplikasikan system, proses pembinaan yang selanjutnya diiringi dengan pelaksanaan pembuatan penyusunan laporan keuangan sederhana.  Dalam hal pelaksanaan kegiatan pembuatan kolam bioflok dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang direncanakan dimana tim pelaksana kegiatan melaksanakan tugasnya dan penyusunan laporan keuangan sederhana sebatas pada pemberian contoh kasus cara menyusun atau langkah-langkah penyusunan laporan keuangan. Kata Kunci : bioflok; manajemen keuangan; pemasaran. ABSTRACTDuring this pandemic, business partners are facing difficulties, which is the sharpest decline of turnover for the last 3 months, lower fisheries feed stocks and rising feed ingredient prices, simply marketing techniques only waiting collectors come to the location, lack of capital aspects and have never been funded by banks or cooperatives, yet the existence of good management and business administration in its management. Researcher offereda solution by using Biofloc system technology to save water, environmentally friendly and efficient in feed ingredients and increase production yields. The purpose of this community empowerment program was to empower MSMEs during pandemic by providing alternative plans to solve current problems, namely empowering Biofloc technology and techniques to process capital sources for business expansion through simple financial reports.The method used in achieving this goal was to design the form, apply the system, coaching process along withcreating simple financial statements. In order to construct biofloc ponds properly according to initial plan, therefore the implementing team performed their task and the preparation of simple financial reports was limited in providing examples of cases on how or steps to prepare financial statements. Keywords: biofloc; financial management; marketing

Copyrights © 2021