JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

LEARNING DIARY IMPLEMENTATION IN PROMOTING AUTONOMOUS LEARNING ON LISTENING SKILL THROUGH VIDEO-FORMATTED STORYTELLING

Meyta Mayangsari (Universitas Negeri Surabaya)
Syafiul Anam (Universitas Negeri Surabaya)
Pratiwi Retnaningdyah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2021

Abstract

Di Indonesia, penelitian tentang keterampilan mendengarkan siswa, terutama dalam bahasa Inggris masih terbatas. Artikel ini bertujuan untuk mendokumentasikan penerapan learning diary dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris siswa dalam mendukung pembelajaran mandiri mereka. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dimana data diperoleh dari wawancara semi-struktur yang disajikan dalam bentuk video learning diary yang diperoleh dari cerita pengalaman dua siswa yang dikirim melalui WhatsApp. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa tantangan yang dialami oleh siswa dalam menerapkan learning diary. Selain itu, dalam artikel ini juga dijabarkan bahwa ada beberapa strategi siswa dalam menerapkan learning diary untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Dalam hasil akhir dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan learning diary memberikan kontribusi yang lebih positif terhadap peningkatan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris siswa. Penerapan learning diary membantu siswa untuk memahami lebih banyak tentang materi, memberi mereka umpan baliksecara terus-menerus, dan mendorong pembelajaran mandiri mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...