Jurnal Media Analis Kesehatan
Vol 12, No 1 (2021): JURNAL MEDIA ANALIS KESEHATAN

PEMERIKSAAN Mycobacterium tuberculosis PADA KELUARGA SERUMAH PENDERITA TUBERCULOSIS PARU DENGAN METODE IMMUNOCHROMATOGRAPHIC TUBERCULOSIS (ICT TB)

Mursalim Mursalim (Unknown)
Syahida Djasang (Unknown)
sitti hadijah (Poltekkes Kemenkes Makassar)
Muhammad Nasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi TB paru berdasarkan diagnosis dokter ada lima provinsi dengan TB paru tertinggi adalah Banten (0,8%), Jawa Barat (0,6%), Sumatera Selatan (0,5%), Kalimantan Utara (0,5%), Bengkulu (0,4%),Kalimantan Barat (0,4%),Sulawesi Selatan (0,4%) Pada umumnya metode diagnostic penyakit TB dilakukan secara konvensional seperti pemeriksaan mikroskopik, kultur dan serologi. Namun, metode tersebut mempunyai banyak kelemahan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah penderita TB paru pada kontak serumah penderita tuberculosis dengan menggunakan tes immunocromatografi TB. Penelotian ini berlokasi di wilayah kerja Puskesmas Mamajang, Puskesmas Minasa Upa, Puskesmas Batua, dan Puskesmas Jongaya MakassarJenis penelitian ini adalah observasi laboratorik dengan jumlah sampel 100 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi dari penelitian ini. Hasil ini menunjukkan bahwa ada 8 orang kasus baru ditemukan pada kontak serumah.Simpulan dari penelitian ini ditemukan penderita baru pada masyarakat dan disarankan agar penelitian ini tetap dilanjutkan dan direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya serta tindak lanjut untuk pengabdian masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mediaanalis

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal Media Analis Kesehatan merupakan jurnal ilmiah berkalah yang diterbitkan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Analis Kesehatan dengan pISSN : 2087-1333, dan e-ISSN : 2621-9557. Media Analis Kesehatan merupakan merupakan jurnal ilmiah yang memuat tulisan ilmiah yang berkaitan ...