Jurnal Vokasi Indonesia
Vol 9, No 1: January - June 2021

Penerapan Kebijakan Fasilitas Mitra Utama Kepabeanan: Mampukah Menurunkan Cost of Taxation?

Murwendah - (Department of Fiscal Administrative Science, Faculty of Administrative Science, Universitas Indonesia)
Muhammad Raihan Tsanymahdy (Department of Fiscal Administrative Science, Faculty of Administrative Science, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Kebijakan Mitra Utama (MITA) Kepabeanan ditujukan untuk menurunkan angka dwelling-time, mengurangi biaya logistik, serta untuk mengapresiasi perusahaan yang memiliki kepatuhan pajak yang tinggi. Di sisi lain, dengan segala fasilitas yang diberikan, angka dwelling-time belum menunjukkan penurunan secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan MITA Kepabeanan ditinjau dari perspektif cost of taxation di Pelabuhan Tanjung Priok. Pembahasan dari penelitian ini terfokus pada beban yang ditanggung baik dari sisi pembuat kebijakan maupun perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan paradigma post-positivist dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan MITA Kepabeanan menjadi lebih efisien jika ditinjau dari aspek administrative cost. Ditinjau dari aspek compliance cost, kebijakan MITA Kepabeanan dianggap dapat menghemat beban perusahaan walaupun masih terdapat hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menemukan bahwa perlu adanya opsi permohonan bagi perusahaan yang ingin menjadi Mitra Utama Kepabeanan agar terdapat transparansi dalam proses penunjukan Mitra Utama. Selain itu, isu kepastian hukum dalam kebijakan ini dapat ditingkatkan dengan penerapan koordinasi secara satu pintu dengan Kementerian/Lembaga terkait mengenai larangan dan pembatasan dalam aktivitas ekspor-impor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jvi

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi Indonesia is a applied and scientific journal which publishes original articles on new knowledge, research or applied research and other development related to vocational issue. The journal is published by Vocational Program universitas Indonesia and provides a broad-based forum for ...