Pada masa globalisasi yang bercirikan persaingan bebas dan keunggulan, serta didukung oleh teknologi informasi modern, ternyata memberikan tantangan besar bagi dunia pendidikan dalam pembangunan karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SD Maitreyawira Palembang. Penelitian ini berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pendidikan karakter dalam implementasi pendidikan. Obyek penelitian kualitatif ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan warga di sekitar sekolah. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara penarikan kesimpulan dari seluruh data yang diperoleh. Implementasi pendidikan karakter dapat menjadi senjata ampuh dalam mencapai tujuan dan fungsi pendidikan nasional jika setiap kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah benar-benar diperhatikan dengan serius dan didukung oleh seluruh pemangku jabatan dan pemilik kekuasaan baik tingkat pemerintah maupun swasta, bersama sekolah, orang tua dan masyarakat luas guna mengantisipasi degradasi moral bangsa karena dampak global.
Copyrights © 2021