JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Media Spelling Words Box terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Permata Kasih Bunda Kabupaten Indragiri Hilir

Simangunsong, Meylan (Unknown)
Febrialismanto, Febrialismanto (Unknown)
Novianti , Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Spelling Words Box terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Permata Kasih Bunda Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan model penelitian one group pretest posttest design. Dengan jumlah populasi anak kelas B berjumlah 15 anak yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan terhadap anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Tes dijadikan sebagai teknik pengumpulan data, data yang didapat kemudian diolah menggunakan uji-t untuk melihat perbandingan pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang didapatkan nilai pretest lebih kecil dibandingkan dengan nilai posttest. Dan dengan nilai N-Gain berada dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Spelling Words Box berpengaruh dalam kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...