Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Spelling Words Box terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Permata Kasih Bunda Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan model penelitian one group pretest posttest design. Dengan jumlah populasi anak kelas B berjumlah 15 anak yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan terhadap anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Tes dijadikan sebagai teknik pengumpulan data, data yang didapat kemudian diolah menggunakan uji-t untuk melihat perbandingan pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang didapatkan nilai pretest lebih kecil dibandingkan dengan nilai posttest. Dan dengan nilai N-Gain berada dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Spelling Words Box berpengaruh dalam kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun
Copyrights © 2021