JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Peran Kelompok Kerja Guru Pola Pelatihan Berbasis Zonasi terhadap Kemampuan Guru dalam Penguasaan Materi IPA dan Penyusunan Soal HOTS

Widodo, Widodo (Unknown)
Suryandari, Kartika Chrysti (Unknown)
Widiasih, Widiasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peran Kelompok Kerja Guru Pola Pelatihan Berbasis Zonasi terhadap Kemampuan Guru dalam Penguasaan Materi IPA dan Penyusunan Soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Pretest–Postest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah 41 orang guru SD di Gugus Wirokuntolo dan 44 orang guru SD di Gugus Joko Klewer yang dipilih secara random. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes, data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan perangkat lunak SPSS 16 Series For Windows. Analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan Peran Kelompok Kerja Guru Pola Pelatihan Berbasis Zonasi terhadap Kemampuan Guru dalam Penguasaan Materi IPA, terbukti dari nilai Sig = 0,000 < ? = 0,050; (2) Terdapat pengaruh signifikan Peran Kelompok Kerja Guru Pola Pelatihan Berbasis Zonasi terhadap Kemampuan Guru dalam Penyusunan Soal HOTS terbukti dari nilai Sig = 0,000 < ? = 0,050; (3) Terdapat pengaruh signifikan Peran Kelompok Kerja Guru Pola Pelatihan Berbasis Zonasi terhadap Kemampuan Guru dalam Penguasaan Materi IPA dan Penyusunan Soal HOTS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...