Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media boneka jari pada kelompok A di TK Adifa Karang Mulya. Penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model kemmis dan McTaggart (Perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi) yang dilakukan dalam tiga siklus, subjek penelitian ini sebanyak 16 anak 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2021. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media boneka jari. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen lembar observasi, wawancara untuk guru dan dokumentasi seperti: foto atau gambar selama proses kegiatan berlangsung. Teknik analisis data dilakukan secara deskrikriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila keterampilan berbicara anak telah mencapai 80% dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi yang dilakukan pada saat Pratindakan menunjukan bahwa keterampilan berbicara anak mencapai 45,83% dengan kriteria cukup. Pada siklus I meningkat mencapai 68,75% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat mencapai 70,83% dengan kriteria baik, dan pada siklus III meningkat mencapai 83,33% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian menggunakan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak
Copyrights © 2021