Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah dan mengembangkan pengetahuan matematis siswa. Melalui program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS), dosen dan guru berkolaborasi dalam membuat perangkat pembelajaran yang dirancang untuk melatih kemampuan penalaran matematis. Perangkat pembelajaran terdiri dari LKS, RPP, dan soal tes kemampuan penalaran matematis. LKS yang dibuat berdasarkan buku paket yang dipakai siswa, masalah dalam LKS disesuaikan dengan konteks siswa dan materi yang dipelajari, serta alokasi waktu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa yang dianalisis berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Data diperoleh dengan memberikan soal kemampuan penalaran matematis dengan materi koordinat kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki potensi untuk menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematis dengan baik, siswa dapat menarik kesimpulan dengan memberikan penjelasan berdasarkan fakta, model, sifat-sifat dan hubungan. Soal yang menyatakan benar atau salah pada sebuah pernyataan disertai alasan, siswa sudah dapat menjelaskan alasannya untuk soal yang bernilai salah, hanya saja siswa belum terbiasa memberikan alasan jika pernyataan yang diberikan bernilai benar.
Copyrights © 2021