Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid 19

Christina Metallica Samosir (Universitas Kristen Indonesia Jakarta, Indonesia)
Fredik Melkias Boiliu (Sekolah Tinggi Teologi Real Batam, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) berbasis daring di sekolah selama masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang yang terdiri dari guru-guru PAK yang mengajar Pendidikan Agama Kristen berbasis daring selama masa pandemi Covid 19 di sekolah negeri maupun swasta di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAK berbasis daring selama masa pandemi Covid 19 di sekolah belum efektif. Belum efektifnya pembelajaran PAK berbasis daring di masa pandemi Covid 19 disebabkan oleh beberapa hal yaitu: (a) alat komunikasi yang kurang memadai seperti smartphone, komputer dan paket internet (b) guru belum sepenuhnya menguasai IT dan guru terbatas dalam mengawasi siswa (c) siswa tidak konsentrasi penuh dalam belajar, (d) orang tua tidak mengontrol siswa dalam belajar dan kurangnya kerja sama guru dan orang tua

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...