IJMS - Indonesian Journal on Medical Science
Vol 8, No 2 (2021): IJMS 2021

Pengaruh Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Di Apotek Berkah Santosa Klaten

Wardani, Beti Kurnia (Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia)
Wahyuningsih - Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia, Sri Saptuti (Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2021

Abstract

Abstract : Pharmacy is pharmaceutical service places where pharmacist practicing pharmacy by pharmacists and distributing pharmaceutical preparations to the public. One of the indicators used to evaluate the quality of service at the pharmacy is to measure the level of patient satisfaction. This study aims to determine the effect of pharmaceutical services on patient satisfaction at the Apotek Berkah Santosa, Klaten Regency which was associated with service quality which includes reliability, responsiveness, assurance, and empathy, and tangible. This research was a non-experimental research which was conducted with the sampling technique using a questionnaire instrument using a Likert scale. Data were analyzed by normality test, linearity test, and simple linear regression test with the number of 97 respondents. The results showed that pharmaceutical services had a significant effect on patient satisfaction with a significant 0.000 <0.05. Keywords : Pharmacy, Service Quality, Patient SatisfactionAbstrak : Apotek adalah tempat pelayanan kefarmasian dengan tujuan melakukan praktek kefarmasian oleh apoteker dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan di Apotek adalah mengukur tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Apotek Berkah Santosa Kabupaten Klaten yang dihubungkan dengan kualitas pelayanan yang meliputi reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, dan tangible. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang dilakukan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan instrument kuesioner yang menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji regresi linier sederhana dengan jumlah responden 97 orang. Hasil penelitian menunjukan pelayanan kefarmasian berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan signifikan 0,000 < 0,05.Kata Kunci : Apotek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Copyrights © 2021